Sylvia Sholeha alias Bu Pur DIkabarkan Kabur. DPR, Media dan Publik Curigai Perannya dalam Skandal Hambalang
Penulis :
1234    0

RIMANEWS- Ini soal serius bagi Cikeas. Kabar kaburnya Silviana Sholeha alias Bu Pur, istri Kepala Rumah Tangga Cikeas yang memiliki peran penting dalam kasus Hambalang patut dicurigai, dan pasti dicurigai media dan publik kita.

"Saya tidak patut menuduh siapapun, namun jika benar kabur di tengah-tengah kekisruhan keberadaan dan peran Bu Pur dalam hal-hal stategis pada tingkat top tentu patut dicurigai," kata anggota Komisi III DPR RI, Bukhori Yusuf, kepada pers,Jakarta, Kamis (31/10).

Dengan adanya berbagai pengakuan dari orang yang mengaku Bunda Ratu dan Bu Pur yang sudah diperiksa KPK, seharusnya KPK bisa menindaklanjutinya.

"Kalau bisa Bu Pur kabur, patut dipertanyakan. Ada apa dengan KPK?," kata Bukhori.

Bu Pur Sengaja Dihilangkan? : aktual.co

Bu Pur (Sylvia Soleha)

Arief Sulaiman pengacara mantan Sesmenpora, Wafid Muharam melihat ada kesengajaan sejumlah pihak untuk menutupi peran sentral Sylviana Sholehah alias Bu Pur dalam kasus korupsi proyek Hambalang.

Terlebih dengan dugaan kaburnya Bu Pur ke luar negeri yang saat ini berkembang. "Banyak orang-orang yang sengaja menutupi Bu Pur. Sampai-sampai dia bisa ke luar negeri. Disaat kasus ini sedang proses," ujarnya kepada Aktual.co, Rabu (30/10).

Arief yang mendampingi Wafid sejak terjerat kasus korupsi pembangunan Wisma Atlet Seagames ini, mengatakan, Bu Pur punya informasi yang besar dalam sejumlah proyek.

"Bila informasi itu benar, sangat disayangkan, karena Bu Pur punya pengaruh yang signifikan di kasus Hambalang. Harusnya KPK melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap Bu Pur," tegasnya.

Ia berharap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak mundur dengan dalam menangani kasus Hambalang ini.

"Harapan saya kasus ini tidak berat sebelah. Kalau memang ada yang lain terkait. Contohnya pihak-pihaknya yang dikit dengan kekuasaan tolong di usut tuntas, agar paham secara utuh. Tentang kasus Hambalang," tegasnya.

Seperti diketahui dalam kasus korupsi proyek Hambalang Bu Pur disebut di audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Istri Kepala Rumah Tangga Cikeas Kombes (Purn) Purnomo ini diduga ikut memuluskan proses penandatangan kontrak tahun jamak proyek Hambalang.

Sebuah blog di Kompasiana menulis, Bunda Putri juga dikenal dengan nama Bu Pur atau Sylvia Soleha, istri Purnomo kepala Rumah Tangga Cikeas. Sylvia Soleha adalah teman dekat Ibu Negara Ani Yudhoyono. Sylvia juga sering terlihat berada dalam rombongan Ibu Negara, Ani Yudhoyono menghadiri berbagai kegiatan. Misalnya saat peringatan Hari Olahraga Nasional di gedung Tennis Indoor dan lain sebagainya.

Karena kedekatannya dengan Ibu Negara itu, sudah bukan rahasia lagi banyak pejabat maupun pengusaha termasuk makelar proyek berusaha mendekati Silvia.

Sebetulnya, lanjut Intel Imoet, si pemilik akun di Kompasiana itu, Sylvia Soleha  kali pertama disebutkan dalam laporan investigasi terhadap Mindo Rosalina Manulang, mantan direktur pemasaran PT Anak Negeri, perusahaan yang dimiliki oleh mantan bendahara Demokrat Nazaruddin.

“Wafid Muharram (mantan Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga) mengatakan, ada seorang pengusaha yang direkomendasikan oleh Angelina Sondakh (mantan anggota DPR dari Partai Demokrat) yang ingin mengambil proyek tersebut, ” ujar Mindo seperti dalam salinan laporan yang  dimuat The Jakarta Post.

“Dan ada juga seorang pengusaha yang direkomendasikan oleh departemen rumah tangga Cikeas. Tapi saya lupa namanya,” tambah Mindo dalam laporan tersebut.

Dalam audit BPK juga tertulis ada tiga orang dekat Presiden SBY turun langsung meyakinkan para pejabat berwenang agar mengubah kontrak single year menjadi multiyear. “Pada saat proses permohonan sekitar Oktober 2010, WM mengaku diyakinkan oleh pihak-pihak yang dapat membantu proses multi years ke Kementerian Keuangan, yaitu SSH(SYLVIA SOLEHA),  WWS (Widodo Wisnu Sayoko anak Sylvia Soleha) dan AGU (Arif Gundul),” demikian kalimat hasil audit investigasi Hambalang jilid II, halaman 37

Hal ini diperkuat dengan terendusnya “sidik jari” Sylvia Soleha  oleh penyidik KPK di ruangkerja-ruangkerja  para Pimpinan Kementerian Pemuda dan Olahraga .

Audit itu juga menerangkan bagaimana IR mengenalkan SSH(SYLVIA SOLEHA) kepada WM setelah SSH menghadap AAM. IR mengantarkan SSH ke ruang kerja WM dengan menjelaskan bahwa SSH akan meminta pekerjaan di Kemenpora sesuai dengan petunjuk dan persetujuan AAM.

Dari situ, AGU dan WWS kemudian kerap melakukan koordinasi dengan WM sebagai tindaklanjut dari pekerjaan yang akan diberikan kepada SSH. AGU dan WWS sendiri disebut dalam LHP jilid II itu adalah orang yang diminta SSH (SYLVIA SOLEHA) secara khusus untuk membantu proses pengurusan kontrak tahun jamak (multi years) proyek P3SON.

“WM mengaku pernah mendapatkan penjelasan dari AGU dan WWS bahwa SSH telah melakukan komunikasi dengan pihak Kementerian PU dan Kementerian Keuangan, termasuk melakukan komunikasi dengan AR dan ADWM.”

Inisial SSH sendiri merujuk pada Sylvia Sholehah atau Bu Pur. Sementara WWS Widodo Wisnu Sayoko adalah anak dari Bu Pur. Sementara WM adalah inisial dari mantan Sekretaris Menpora Wafid Muharam. AAM adalah mantan Menpora Andi Alfian Mallarangeng. Adapun ADWM adalah inisial Agus Dermawan Wintarto Martowardojo atau Menteri Keuangan yang kini menjadi Gubernur Bank Indonesia, dan AR adalah inisial Anny Ratnawaty, mantan Dirjen Anggaran Kemenkeu yang kini menjadi Wakil Menteri Keuangan.

Demikianlah, satu demi satu kesejatian Bunda Putri mulai terkuak. Bukan cuma Intel Imoet yang mencoba mengungkap, mayoritas media juga berlomba-lomba melengkapi data mengenai Bunda Putri. Namun anehnya, dari pihak istana juga masih tetap ngotot dan mengaku tidak mengenal Bunda Putri.

Pada Minggu sore (13 Oktober), media-media  dikejutkan oleh pesan broadcast blackberry dari Ratna Sarumpaet. Isinya: SBY Bohong 2000%. Siapa BUNDA PUTRI? "Tuan, engkau bisa membohongi beberapa orang untuk beberapa waktu tapi tidak bisa membohongi semua orang untuk selamanya." Ternyata Bunda Putri adalah ibu Pur alias Sylvia Soleha, isteri dari Kombes Pol (Purn) Purnomo D Rahardjo, kepala rumah tangga Cikeas. Konon Bunda Putri adalah orang kepercayaan/operator bisnis Ani Yudhoyono!!! (berbagai sumber)