Pesawat Lao Airlines Jatuh, 44 Penumpang dan 5 Awak Tewas
Penulis :
1008    0

RIMANEWS - Pesawat milik maskapai penerbangan Lao Airlines jatuh di Sungai Mekong, Laos. Tragis! Sebanyak 44 penumpang dan 5 awak pesawat yang ada di dalamnya tewas.

Pengumuman dari Departemen Transportasi dan Pekerjaan Umum Laos dan pihak maskapai menyatakan bahwa pesawat jenis turboprop ATR-72 ini terjatuh saat hendak melakukan pendaratan di Bandara Internasional Pakse, Champassak, Laos pada Rabu (16/10) sore waktu setempat.

Seperti dilansir AFP dan Xinhua, Kamis (17/10/2013), pesawat dengan nomor penerbangan QV301 ini tengah mengudara dari Vientiane menuju ke Pakse. Saat hendak mendarat, bagian hidung pesawat terangkat ke udara akibat angin kencang.

Pesawat kemudian terbanting menjauh dari landasan dan bergerak menunju sungai terdekat, hingga akhirnya masuk ke dalam sungai yang susah diakses. Kantor berita resmi Laos, KPL melaporkan bahwa seluruh penumpang yang ada di dalam pesawat diperkirakan tidak selamat.

"Pesawat hendak melakukan pendaratan namun terkena hembusan angin kencang, berakibat pada naiknya bagian kepala pesawat dan kemudian mendorongnya menjauh dari bandara dan keluar jangkauan radar pusat pengendali udara," tutur seorang saksi mata.

Pihak Lao Airlines sendiri telah menyampaikan pernyataan bahwa pesawat tersebut menghadapi cuaca buruk yang sangat ekstrem sehingga jatuh ke Sungai Mekong. "Belum ada laporan soal korban selamat hingga sejauh ini," demikian pernyataan Lao Airlines.

Namun sayangnya, Lao Airlines tidak menyebut secara pasti jumlah penumpang dan awak pesawat tersebut. Laporan yang diterima Xinhua menyebutkan adanya 44 penumpang dan 5 awak pesawat. Sedangkan AFP menyebut adanya 39 penumpang dan 5 awak pesawat.(yus/dtk)