Adik Obama Kutip Ayat Quran: Bagimu Agamamu, Bagiku Agamaku
Penulis :
1271    0

RIMANEWS-Bersama delegasi dari Universitas Hawaii at Manoa (UHM) AS, adik Presiden Amerika Serikat Barack Obama,  Maya Kassandra Soetoro-Ng Soetoro, mengunjungi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Senin 10 Juni 2013. Di Kampus yang terletak di Jalan Kaliurang Km 14 ini, selain memberi kuliah umum tentang perdamaian, Maya juga melakukan pembicaraan rencana kerjasama  kedua kampus.

Di hadapan civitas akademika UII, Maya memuji Yogyakarta yang bertahan sebagai kota budaya dan masyarakatnya memiliki toleransi tinggi terhadap perbedaan agama dan keyakinan. Sehingga masyarakat Yogyakarta hidup dalam suasana harmonis di tengah keragaman agama, suku dan budaya.

“Kami di Yogyakarta, dulu, dianggap sebagai bagian dari keluarga, seperti halnya pendatang lainnya. Kapasitas dan agama boleh berbeda, tetapi perlakuan sebagai manusia sama,” katanya.

Dia juga sempat mengutip ayat Alqur’an dalam surat Al Kafirun, bahwa masyarakat  mempraktikkan dogma keberagamaan seperti diajarkan Islam. “Bagimu agamamu, bagiku agamaku.”

Menurutnya,  pendidikan sangat penting perannya dalam mendorong pemahaman keragaman atau pluralitas. "Namun pendidikan saja tidak cukup, harus ada pertautan antara nilai-nilai pendidikan dengan dinamika internal di masyarakat," jelasnya

Rektor UII Prof  Dr Edy Suandi Hamid menjelaskan, kunjungan Maya Soetoro bersama delegasi Universitas Hawaii ini untuk meningkatkan kemajuan kerjasama kedua pihak yang  telah dirintis sejak tahun lalu. Dengan kunjungan tersebut,  diyakini jalinan silaturahmi  akademik kedua belah pihak akan makin baik.

Bentuk kerjasama adalah  studi dan penanganan gempa yang melipatkan Fakultas Teknik di masing-masing universitas. Usai menyampikan kuliah umum dan penandatanganan kerjasama, Maya Soetoro dan delegasi Universitas Hawaii mengunjungi hunian tetap warga korban Merapi di Pager Jurang, Kinahrejo, Kabupaten Sleman, DIY.[ach/viva]