Sunday, 13 July 2014

Cari

Breaking News

Membabar Misteri-misteri Rekayasa Paling Fenomenal.

Membaca buku Enigma, mendedah sebuah pertanyaan yang kemudian terlintas dalam pikiran kita; kenapa hanya manusia yang berfikir progresif untuk selalu berusaha melihat, mencari tahu dan kemudian meneliti tentang segala hal yang ada di alam semesta ini? hal ini adalah pertanyaan dasar yang menjadi pangkal dari timbulnya sesuatu yang disebut ‘sains’, atau kita bisa menyebutnya ‘ilmu pengetahuan’. Semua itu tak lain karena hanya manusialah yang mempunyai coriousity (rasa ingin tahu). Rasa ingin tahu yang tidak terpuaskan oleh pengamatan dan pengalaman yang dimiliki sehingga memunculkan gambaran imajinatif atau rekaan.Dimana dalam salah satu tubuh manusia, terdapat sel-sel yang telah terekam di dalamnya berbagai master brain yang berguna untuk melihat dan menguak teka-teki misterius yang ada. 

Buku karangan Sam, memang sangat fenomenal membabar fakta dan rekayasa misteri-misteri di dunia yang ditulis dengan data, gambar dan dokumentasi serta mengenalkan pola-pola sebuah rekayasa misteri.

Banyak sekali misteri yang terjadi di dunia ini, terdapat beberapa animo pengetahuan seseorang terkait misteri, diantaranya: Misteri yang murni disebarluaskan berdasarkan sebuah kisah rekaan atau kebohongan (hoax), Misteri yang menjadi viral karena salah persepsi atau tidak lengkapnya informasi hingga berujung pada penarikan kesimpulan yang tidak akurat. Kemudian ada juga misteri yang memiliki penjelasan ilmiah, pun juga Misteri yang sampai saat ini belum terpecahkan. (hal V).

Misalnya, fenomena ketindihan atau irep-irep yang biasa kita alami ketika tidur atau yang disebut dengan Sleep Paralysis. Dr. Max Hirshkowitz, direktur Sleep Disoders Center di Veterans administration Medical Center di  Houston mengatakan kalau Sleep Paralys muncul ketika otak kita mengalami kondisi transisi antara tidur dan mimpi yang dalam Rapid Eye Movement (REM dreaming Sleep) dan kondisi sadar. (hal. 215)

Fenomena lainnya yang diuraikan dalam buku ini ialah fenomena langit terbelah pada tanggal 11 Juni 2010, di jogyakarta. Yang mana digambarkan adanya sebuah cahaya panjang membentang seperti membelah langit. Secara ilmiah fenomena ini dinamakan Anticrepuscular Rays. Suatu fenomena yang mucul ketika cahaya matahari yang bersinar terhalangi sebagian oleh awan atau obyek lain, yang biasanya terjadi jika terdapat cukup partikel debu di atmosfer sehingga cahaya matahari yang tidak terhalangi terlihat menyebar ke arah pengamat. Biasanya fenomena ini bisa terlihat saat matahari terbit atau tenggelam. (hal. 19)

Adapun pembahasan dalam buku ini bahwa setiap misteri tidak hanya diungkapkan sebatas teori (fenomena semata), namun  bukti fakta yang menyertai penjelasan yang sudah diujikan oleh para peneliti.

Selebihnya buku setebal 285 halaman ini sangat bermanfaat, dengan mengurai 37 misteri dan fenomena ternama di dunia yang sering di dengar dan ditemui dalam buku bacaan atau tontonan film seperti kasus Crop Circle atau Hujan Hewan. Sehingga Kita bisa lebih memahami dan memilah-milih  misteri yang ada, dan memutuskan yang mana akan kita percayai sebagai validitasi misteri atau misteri yang diketahui kebenarannya.

_____________________________________

Judul Buku :  Enigma; Menguak Fakta-fakta Misterius paling Fenomenal di Dunia

Penulis: Sam

Penerbit : PT. Tangga Pustaka

Tahun Terbit : 2013

Tebal buku : x + 286 halaman

Peresensi : Nursodik El Hadee, Pegiat di Farabi Institut IAIN Walisongo Semarang

Kata Kunci