Panduan Praktis Shalat-Shalat Sunnah
Penulis :
850    0

            Ibadah shalat sunnah berfungsi untuk menambal kekurangan-kekurangan pada ibadah shalat fardhu. Namun, masih banyak umat muslim yang enggan untuk melaksanakan shalat sunnah tersebut. Entah karena malas atau tidak mengetahui tata caranya.

            Selain itu shalat sunnah juga banyak mengandung keutamaan, fadhilah serta kemukjizatan bagi hidup kita apabila kita mengamalkannya dengan istiqamah. Misalnya melapangan rezeki, mempermudah jodoh dan keturunan, memperlanjar karier, mencerdaskan otak, menerbitkan kebahagiaan hidup, ketentraman hati, hingga meminta petunjuk-petunjuk pada Ilahi atas pilihan-pilihan yang sulit.

            Buku Hafalan Kilat Luar Kepala Segala Macam Shalat Sunnah ini merupakan panduan praktis bagi kita jika ingin mengamalkan dan belum mengetahui bagaimana caranya melakukan shalat-shalat sunnah itu.

            Sebenarnya tata cara mengerjakan shalat sunnah sama saja dengan tata cara melaksanakan shalat fardhu. Perbedaannya hanya pada niat saja. Gerakan dan bacaannya dalam shalat pun tidak berbeda. Tidak ada yang ditambah ataupun dikurangi. Semua secara rinci dijelaskan dalam buku ini.

            Pembahasan awal buku ini tentang shalah Dhuha. Shalat Dhuha merupakan shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu pagi ketika matahari sudah terbit dan meninggi sekitar 7 hasta, kira-kira jam 7 pagi, dan habis waktunya ketika matahari hampir tergelincir, sekitar pukul 10.30. shalat sunnah ini bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar diberi kemudahan rezeki dan berkah. (hal. 9-22).

            Selanjutnya akan diuraikan tentang shalat Tahajjud. Shalat sunnah ini sangat dianjurkan (sunnah muakkad) yang dikerjakan pada malam hari setelah tidur. Waktunya dimulai sejak Isya’ sampai sebelum subuh. Namun, lebih utama dilakukan pada sepertiga malam terakhir, yaitu pukul 03.00.

            Shalat Tahajjud ini diyakini dapat memberikan berbagai macam keistimewaan bagi pelakunya. Diantaranya adalah penghias surga, menghindarkan pelaku dari kesepian di alam kubur, memberikan keharuman bau badan, menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan pada siang hari, memberi kesehatan fisik dan mental, mengangkat derajat pelakunya, serta menjamin kebutuhan hidup bagi pelakunya. Shalat sunnah ini bisa dilakukan berkali-kali, sebanyak-banyaknya dalam satu malam. (hal. 23-37).

            Pada bab berikutnya akan dijelaskan tata cara shalat Hajat. Shalat sunnah ini dilakukan oleh kaum muslimin apabila punya hajat ataupun keinginan. Melalui shalat sunnah ini, memohon kepada Allah SWT agar hajatnya dikabulkan. Shalat Hajat dapat dilakukan dengan dua rakaat sampai dua belas rakaat. Shalat ini dapat dikerjakan kapan pun di luar waktu-waktu yang dilarang.

            Pembahasan yang lain tentang shalat Taubat. Shalat sunnah Taubat ini merupakan shalat sunnah yang dilakukan untuk memohon agar semua dosa yang telah kita perbuat mendapatkan ampunan dari Allah SWT. shalat sunnah ini bisa dilakukan 2, 4, dan 6 rakaat. Tidak ada waktu yang tetap dalam mengerjakan shalat sunnah ini.  Akan tetapi, sebaiknya dilakukan disaat kita merasa bahwa telah melakukan banyak dosa. Dengan melakukan shalat sunnah Taubat, semua dosa kita yang telah berlalu dan dosa yang akan datang akan diampuni oleh Allah SWT. (hal. 56-79).

            Tata cara shalat sunnah Istikharah, Rawatib, Tahiyatal Masjid, Shalat Jenazah, Shalat Tasbih, Witir, Tarawih, serta shalat Idul Fitri dan Idul Adha juga akan diuraikan secara rinci dan jelas dalam buku ini. Semua disajikan berdasarkan urutannya yang tertib sehingga memudahkan kita untuk langsung praktik sendiri tanpa guru, dan sekaligus menghafal bacaan-bacaannya yang dituliskan dalam bahasa Latin. Buku ini juga dilengkapi poster full gambar tentang gerakan-gerakan wadhu, tayamum, dan shalat.

________________________________________

Judul Buku     : Hafalan Kilat Luar Kepala Segala Macam Shalat Sunnah
Penulis            : H. M. Amrin Ra’uf
Penerbit          : Sabil, Yogyakarta.
Tahun              : I,  Maret 2013 .
Tebal               : 213 halaman.
ISBN               : 978-602-7723-57-3

Peresensi: Muhammad Saleh, Pengajar di SD IT Tarbiatul Aulad Barabai,  Kalimantan Selatan.