Analis: Serang Iran, Rakyat Amerika Menderita
Penulis :
1134    0

RIMANEWS - Rezim Israel tidak memiliki sumber daya yang memadai untuk terlibat dalam konflik militer jangka panjang dengan Iran.

Analis internasional, Randy Short memandang Israel tidak memiliki kemampuan sumber daya manusia dan finansial untuk berperang dalam jangka panjang dengan Iran, untuk itu akan mengandalkan  bantuan Washington.

Analis politik AS ini mengemukakan statemennya menyikapi keputusan Komite Hubungan Luar Negeri Senat Amerika Serikat yang mengadopsi resolusi untuk membantu rezim Zionis Israel jika rezim ini menyerang Republik Islam Iran.

Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS pada Selasa (16/4) mengadopsi "Resolusi Senat 65" bahwa Washington akan memberikan bantuan diplomatik, ekonomi dan militer kepada Tel Aviv jika memutuskan untuk melancarkan serangan terhadap Tehran.

Reaksi serupa juga datang dari puluhan mantan pejabat tinggi AS yang mendesak Gedung Putih untuk memulai pembicaraan langsung dengan Iran mengenai program energi nuklirnya, bukannya berusaha meningkatkan tekanan terhadap Republik Islam.

Pada hari Rabu (17/4),  sebanyak 35 mantan diplomat terkemuka, perwira militer dan pejabat tinggi lainnya dari kubu Republik dan Demokrat, menyampaikan pernyataan bersama meminta Presiden Barack Obama untuk melakukan upaya diplomatik dengan Iran.

Menurut Randy Short, beban keuangan dari setiap agresi militer jangka panjang Israel tentu akan dibebankan di "pundak" Amerika Serikat, padahal negeri Paman Sam itu sedang menghadapi pemangkasan anggaran akibat krisis.

"Rakyat Amerika akan menderita, " tutur analis politik itu, Kamis (18/4).

Meskipun Amerika Serikat didera krisis ekonomi, namun negara ini justru meningkatkan bantuan militernya bagi Israel. Kanal 10 televisi Israel hari Kamis (11/4) melaporkan, Presiden Amerika, Barack Obama dalam rancangan anggaran belanja negara yang dikirimnya ke Kongres menambah usulan bantuan militer bagi Israel hingga $3,4 miliar dolar. Dari jumlah tersebut, sebanyak $220 juta dialokasikan untuk meningkatkan kemampuan sistem anti rudal Iron Dome.[irb/ian]