Forum Rektor akan Uji Capres 2014
Penulis :
1259    0

SEMARANG, RIMANEWS - Forum Rektor Indonesia akan menguji calon presiden yang berlaga dalam pemilihan umum 2014. Sejumlah capres akan diundang dalam forum yang dinamakan “Presidensial Club”. Program itu sebagai tindak lanjut kerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum hingga lima tahun mendatang.

Ketua Forum Rektor Indonesia 2013 Prof Laode M Ka­maluddin mengatakan, kandidat capres yang diundang merupakan tokoh yang muncul di media massa dan survei tanpa meng­istemewakan satu calon dengan lain­nya.

“Tidak ada di­kriminasi dalam uji publik capres. Kami hanya menjaring tokoh yang muncul dan akan diberikan pertanyaan mengenai program dalam berbagai bidang,” ujarnya usai penutupan Konvensi Kampus IX dan Temu Tahunan XV Forum Rektor Indonesia di Ballroom Hotel Novotel Semarang, Sabtu (19/1).

Dana-dana internasional untuk demokrasi yang dilewatkan KPU akan dikelola oleh FRI untuk program pendidikan pemilih di kampus.

Mahasiswa, kata Laode, berpotensi menjadi warga yang tidak menggunakan hak pilihnya, jika tidak diberikan pemahaman tentang makna demo­krasi.

“Jangan sampai memilih karena terpaksa. Memilih harus dengan sadar dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Rekomendasi

Penutupan konvensi dan temu tahunan itu diguna­kan untuk pertanggungjawaban Ketua FRI 2012 Prof Us­man Rianse serta pemilihan Ketua FRI 2014. Peserta memilih secara aklamasi calon yang diusulkan forum untuk jabatan Ketua FRI 2014, yakni Rektor Universitas Sebelas Maret Prof Ravik Karsidi.

Laode merekomendasikan sejumlah hasil dari diskusi panel tentang pendidikan, kepemimpinan, energi, dan ketahanan pangan.

Rekomendasi tersebut me­nyerukan standar kepemimpinan yang mampu mengunggul­kan Indonesia di Asia dengan penguasaan masalah yang telah dibahas.

“Perguruan tinggi akan mendorong percepatan daya saing Indonesia dari sisi sumber daya manusia agar bisa sejajar dengan negara-negara di Asia,” kata Laode.

[ mrheal / sms ]