Monday, 14 July 2014

Cari

Breaking News

Rahasia Menjadi MC Profesional

Di dunia public speaking, nama Ninda Nindiani sudah tidak asing lagi. Lebih dari 20 tahun tentunya rentang yang cukup untuk “menempanya” menjadi seorang profesional di bidang ini. Berbagai jenis acara pernah dibawakan oleh dosen tamu bidang public speaking dan tehnik presentasi di berbagai universitas di Yogyakarta ini, baik itu acara resmi seperti serah terima jabatan Pimpinang Bank Indonesia, maupun acara semi formal seperti peresmian cabang Bank Permata. Ia juga banyak membawakan acara santai, semisal Jogja Java Carnival. Ilmu dan pengalaman-pengalaman berharga beliaulah yang akan dibagikan kepada para pembaca lewat buku ini. Penyajiannya yang berbentuk tanya jawab akan mempermudahkan pembaca sekaligus menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin selama ini masih tersimpan di benak para (calon) MC terkait persiapan, dan saat melaksakan tugas membawakan acara.

Banyak orang menyangka menjadi MC sangat mudah, semata-semata hanya mengandalkan bisa berbicara dan sekedar mental saja. Mungkin tidak sepenuhnya salah, tapi bila ingin menjadi MC profesional dan mendapat incam dari profesi ini jelas tak semudah itu. Bahkan, menjadi MC profesional tidak cukup hanya mengandalkan gelar akademik, kecerdasan, kepiawean mengolah bahasa, juga tidak cukup hanya mengandalkan “jam terbang” semata. Lebih dari itu semua, menjadi MC profesional butuh persiapan matang, latihan, kepercayaan diri, citra dan keluwesan penampilan yang didukung berbagai kecakapan, pengetahuan dan pengolahan kalimat yang tepat serta penguasaan terhadap berbagai hal terkait dengan acara.

Pada bab pertama, buku ini menjelaskan tentang detail perencanaan. Membaca bagian ini, kita akan disuguhi berbagai persiapan yang harus dilakukan oleh seorang MC sebelum acara dimulai. Seprofesional apapun seorang MC, ternyata persiapan adalah hal yang mutlak. Selain itu dia juga harus menguasai hal-hal yang terkait acara secara mendetail, diataranya mempersiapkan penampilan sesuai jenis acara, mengenal tempat berlangsungnya acara, berkordinasi dengan panitia, menge-cek soaud system atau mikrofon dengan benar serta meneliti kelengkapan pendukung acara, semisal gong, spidol untuk penandatanganan prasasti, dll,

Sementara pada bab 2 kita akan menemukan langkah yang mesti dilakukan menjelang acara agar saat membawakan acara bisa lancar, diantaranya, dengan mengenali setiap petugas yang berhubungan dengan MC serta paham akan fungsi masing-masing. Menge-cek susunan acara, cek para pengisi acara. Lakukan kordinasi dengan panitia. Cek mikrofon sekali lagi, cek Q-cards dan tentu menguatkan diri dengan berdoa (halaman 43-57).

Kalau kita perhatikan acara-acara yang berlangsung disekitar kita, maka kita akan menemukan beragam acara, mulai yang sangat resmi, semisal upacara kenegaraan, acara wisuda, sampai acara yang sangat santai, semisal acara ulang tahun, musik, dll. Nah, pada bab 3 ditegaskan bahwa, sebagai MC yang baik, dituntut harus bisa menyesuikan diri dengan berbagai macam dan jenis acara yang akan dibawakan. Penyesuian ini meliputi persiapan dalam busana, penampilan, pemilihan kalimat-kalimat yang diucapkan, dan juga cara penyampaiannya.

Suara yang baik merupakan hal vital yang harus dimiliki dan dijaga seorang MC. Karena suara dihasilkan dari udara yang mengalir dari paru-paru menuju pita suara lalu dibentuk oleh alat bicara, maka lancar tidaknya pernafasan sangat menentukan baik tidaknya suara yang keluar. Selain pernafasan, yang perlu diperhatikan saat bersuara adalah artikulasi, tempo, volume, nada, intonasi, emosi, dan juga diksi (halaman 76).

Kepribadian yang positif diperlukan juga oleh seorang MC, baik saat membawakakan acara maupun dalam kehidupan sehari-hari, semisal kemauan untuk selalu belajar, mampu berpikir jernih dan tenang saat bertugas, berjiwa besar dan tetap rendah diri. Pada bab terakhir ini juga menjelaskan dampak/pengaruh positif yang didapat dan dirasakan seseorang yang menekuni dunia MC, antara lain: melatih konsenterasi, ketelitian, dan fokus. Melatih untuk bersikap positif, selalu bekerja keras dan siap untuk menerima pujian dan kritikan dengan wajar. (halaman 89).

Selain itu pula, buku ini juga dilengkapi dengan lampiran-lampiran yang kesemuanya akan memperkarya pengetahuan orang-orang yang bergelut di dunia publik speaking (khususnya MC). Diantaranya, petunjuk melakukan relaksasi, contoh drap pembuka dan penutup, tips MC duet, tips menghadapi audien dan acara khusus, dll.

Bakat memang mempunyai peran penting, tapi itu bukan segala-galanya. Keterampilan untuk menjadi MC profesional dapat dipelajari dan dapat dikuasai oleh semua orang, siapun dia. Dan buku ini akan membuka jalan menuju kesana!

________________________________

Peresensi : Moh. Romadlon, Penyuka buku, tinggal di Kebumen.

Judul Buku : Sukses Jadi MC

Penulis  : Ninda Nindiani

Peberbit : Kanisius

Cetakan : 2010

ISBN : 978-979-21-2700-3

Kata Kunci