Tujuh Bus Dirusak Sepanjang 2012, Transjakarta Rugi Miliaran
Penulis :
Penyunting :
1128    0

Dokumentasi Rima

JAKARTA, RIMANEWS - Akhir Mei lalu sebuah insiden terjadi di jalur busway tepatnya di sekitar halte Halimun, Jakarta Selatan. Sebuah bus Transjakarta dengan nomor polisi B 7933 IX kena amuk masa lantaran menabrak pengendara motor yang menyerobot jalur busway.

"Pihak Transjakarta selalu menjadi korban jika ada kendaraan yang tertabrak bus padahal mereka yang menyerobot jalur busway," kata Kepala Badan Layanan Umum Transjakarta Muhammad Akbar kepada WARTAWAN pada Jumat, 19 Oktober 2012.

Menurut data BLU Transjakarta sepanjang 2012 ini sudah ada tujuh armada bus yang dirusak oleh masa. Penyebabnya sama bus menabrak pengendara motor atau orang yang sembarangan melintas di jalur busway.

Menurut Akbar pihaknya memang belum menghitung secara pasti jumlah kerugian yang diderita akibat bus yang rusak. Hanya saja jika dihitung kasar dengan asumsi bus rusak parah maka biaya perbaikannya sama dengan satu unit bus baru yang mencapai Rp 1,5 miliar.

Akbar mengatakan selama ini pihak BLU selalu bertanggung jawab atas insiden yang terjadi di jalur busway. "Kami juga memberi santunan kepada korban," katanya.

Hanya saja lanjut dia jalur busway yang tidak steril justru lebih merugikan penumpang yaitu soal ketepatan waktu sampai lokasi. Akbar memberi contoh waktu tempuh normal Blok M-Kota sebesar 40 menit bisa membengkak hingga 90 menit. [mam/tmp]