Saturday, 12 July 2014

Cari

Breaking News

Program KUBE Dorong Ekonomi Kreatif

LEBAK, RIMANEWS-Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengaku selama ini program kelompok usaha bersama dapat mendorong ekonomi kreatif di masyarakat.

"Kami memberikan apresiasi terhadap program kelompok usaha bersama (KUBE), karena bisa meningkatkan kesejahteraan," katanya di Rangkasbitung, Kamis.

Menurut dia, program KUBE bisa menumbuhkan pelaku usaha kecil sehingga dapat mengatasi kemiskinan.

Kemensos terus menggulirkan program KUBE karena dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Bahkan, pihaknya menerima laporan langsung dari masyarakat selama enam bulan menerima KUBE mengalami peningkatan modal usaha yang semula Rp2 juta bisa mencapai Rp4 juta.

Karena itu, kata dia, program KUBE dinilai bagus untuk meningkatkan usaha kecil di masyarakat.

Masyarakat yang menerima bantuan KUBE itu, mereka menggeluti ekonomi kreatif, seperti pedagang warungan, bakulan, perajin makanan olahan, peternak, petani, dan pedagang asongan.

"Kami memberikan bantuan KUBE sebesar Rp20 juta per kelompok dengan anggota 10 orang," katanya.

Menurut dia, selama ini KUBE dinilai berhasil sehingga Kemensos terus mempertahankan program tersebut.

Sebab KUBE dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dengan penguatan modal kepada pelaku usaha kecil.

Selain itu juga petugas dari dinas sosial setempat tetap melakukan pengawasan agar bantuan KUBE tidak salah sasaran untuk peningkatan ekonomi.

Ia menyebutkan, pengembangan KUBE tahun 2012 di Kabupaten Pandeglang mendapat bantuan sebesar Rp1 miliar untuk 50 kelompok atau 500 KK.

Mereka per kelompok masing-masing menerima sebesar Rp20 juta.

"Kami minta bagi masyarakat yang menerima bantuan KUBE agar dimanfaatkan sebaik-baiknya dana KUBE untuk mengembangkan usahanya," ujarnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Lebak Aep Saepudin mengatakan selama ini program KUBE berjalan dengan baik, bahkan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Saat ini, pelaku usaha kecil di Kabupaten Lebak tumbuh pesat setelah adanya bantuan KUBE itu.

Adapun, kata dia, kriteria yang menerima bantuan dana KUBE, yakni warga miskin yang memiliki ketrampilan juga usaha dalam skala kecil.

"Kami benar-benar mengawasi penyaluran dana KUBE dengan melibatkan pengawasan dan pendamping dari unsur pekerja sosial masyarakat, tokoh masyarakat dan organisasi kepemudaaan," katanya.

Ketua Kelompok Usaha Mina Tani Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Sajuhi mengaku pihaknya merasa terbantu dengan adanya bantuan dana hibah penguatan modal, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Kami sebagai kelompok tani padi sawah sudah berhasil mengelola dana bantuan KUBE untuk peningkatan usahanya," katanya.[ach/ant]

Kata Kunci