Friday, 11 July 2014

Cari

Breaking News

Tidak Masuk Akal, Surya Paloh Sarankan Capres 2014 dari Parpol Urutan 3 Besar Pileg. Ini Oligarki!

JAKARTA, RIMANEWS - Ketua Majelis Nasional Partai NasDem Surya Paloh menilai lebih baik pada pilpres 2014 mendatang capres berasal dari partai besar. Terutama partai yang menduduki peringkat 3 besar pada pemilu legislatif (pileg).

"Kriteria NasDem menawarkan, untuk memberikan pendidikan politik dengan baik. Yang bisa mencapreskan itu parpol yang mempunyai urutan hasil Pileg nomor 1, 2 dan 3," ujar Surya Paloh, kepada wartawan di sela-sela acara Pelantikan Lembaga Sayap Partai NasDem Jawa Timur di Gelora Pancasila Surabaya, Sabtu (29/9/2012).

Dia menambahkan dengan adanya syarat tersebut, maka nantinya parpol yang tidak masuk urutan 1 sampai 3 pada Pileg 2014 tidak bisa mencalonkan presiden. Ia menegaskan, pemikiran tersebut bukannya mengurangi hak warga negara Indonesia baik dari parpol maupun non parpol mencalonkan presiden.

"Yang ke 4, 5 dan seterusnya mendukung aja deh. Jangan ikut bertarung. Bukannya saya ingin mengurangi hak. Tapi kita punya sistem mekanisme untuk ikut memberikan pilihan yang terbaik," terangnya.

"Saya pikir, kawan-kawan (parpol) besar harus berani mendorong ke arah sana. Terlepas siapa pun di situ," ujarnya.

Bos Media Group ini mengatakan, pada Pileg 2014 nanti, belum tentu NasDem menempati urutan pertama, kedua maupun ketiga. Tapi upaya tersebut untuk mendorong perbaikan politik di Indonesia.

"NasDem belum memikirkan soal capres. Bagaimana ngomong soal capres belum ikut pemilu. Bagaiaman dia ikut pemilu kalau dia belum mendapatkan hasil yang signifikan di legislatif. Tapi (pemikiran 3 besar parpol calon pengusung capres) ini suatu perubahan," jelasnya. [mam/dtk]

Kata Kunci