Thursday, 17 April 2014

Breaking News

Universitas Xiamen China Buka Kuliah Panjat Pohon

BEIJING, RIMANEWS- Urusan memanjat pohon ternyata tak bisa dianggap sepele di China. Buktinya, Universitas Xiamen baru saja membuka mata kuliah khusus untuk memanjat pohon. Ini adalah kali pertama pelajaran memanjat pohon dimasukkan dalam kurikulum universitas di China.

"Memanjat pohon adalah hal yang mudah. Mengapa mereka [Xiamen] menawarkan jurusan ini?," ujar seorang mahasiswa tingkat satu, Gong Wenhai.

Memanjat pohon, imbuhnya, adalah satu dari permainan di desanya semasa kecil dengan anak-anak lainya.

"Mungkin beberapa murid bisa lebih pintar dari gurunya," katanya becanda.

Namun, Zheng Daxiong, salah seorang dosen yang akan mengajarkan mata kuliah panjat pohon, menyatakan memanjat pohon yang benar tidaklah sesederhana yang dibayangkan.

"Ini adalah sebagai pelengkap untuk mata kuliah survival di alam bebas. Yang akan kami ajarkan bukanlah cara memanjat yang sederhana seperti yang kita lakukan saat kecil, ujarnya.

Universitas Xiamen memang telah memiliki mata kuliah survival di alam bebas selama sepuluh tahun terakhir. Beberapa hal yang termasuk dalam mata kuliah ini adalah panjat tebing atau lari gawang, yang terkesan lebih profesional ketimbang memanjat pohon.

Pimpinan Xiamen, Zhu Chongshi konon terinspirasi membuka mata kuliah panjat pohon setelah berkunjung ke Institut Panjat Pohon Cornell, Amerika Serikat pada Juni 2011.

Zheng menambahkan, mata kuliah ini akan mengajarkan kepada mahasiswa bagaimana cara memanjat pohon yang benar dan aman.

"Contohnya, berbahaya jika hanya mengandalkan tangan saat memanjat. Penting untuk mempelajari cara melempar dan mengikat tali dengan benar. Ini seperti saat panjat tebing, tetapi lebih sulit," ujarnya.

Ia menambahkan,"Jika dalam panjat tebing kita dapat mengalihkan berat badan ke tebing, dalam panjat pohon, kita hanya mengandalkan pada tali saja. Jadi kita harus mengkoordinasikan tangan dan kaki dengan baik," ungkapnya.

Tak hanya Xiamen, beberapa universitas di China juga memiliki mata kuliah unik. Universitas Ocean menawarkan mata kuliah berlayar. Universitas Nanjing Normal membuka  mata kuliah untuk perempuan, manajemen keluarga yang mengajarkan bagaimana menghadapi mertua juga cara berpakaian yang baik. Lalu Universitas Guangdong menawarkan mata kuliah Psikologi Cinta.[ACH/B1]