Thursday, 24 April 2014

Breaking News

Kabupaten Tebo Terima Alokasi Bantuan 220.000 Bibit Karet

JAMBI, RIMANEWS - Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, Supadi menyatakan, pada 2012, Pemkab Tebo menerima alokasi bantuan 220.000 bibit karet yang akan disalurkan kepada beberapa kelompok tani di daerah itu.

"Ini bantuan dari pusat yang bersumber dari dana bantuan sosial (bansos) dan disalurkan oleh dinas perkebunan," ujarnya di Muaratebo, ibu kota Kabupaten Tebo, Sabtu.

Menurut dia, ratusan ribu bibit karet itu nantinya akan diberikan kepada kelompok tani yang telah mengajukan permintaan ke Dinas Perkebunan Tebo.

"Sudah ada kelompok tani yang mengajukan, untuk penanaman perdana bantuan bibit ini akan dilakukan di Desa Sido Rukun, Kecamatan Rimbo Ulu," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, total ada delapan daerah kecamatan yang mendapatkan bantuan bibit karet itu. Namun, bantuan itu hanya diberikan kepada kelompok tani, bukan masyarakat secara keseluruhan.

Pada proses penyalurannya, dinas perkebunan terlebih dahulu akan melakukan pengecekan lahan. Pengecekan itu dimaksudkan untuk memastikan lahan calon petani penerima tidak dalam kondisi bersengketa.

"Jadi ada beberapa syarat, jika lahan yang ada bersengketa atau tidak jelas pemiliknya. Maka, bantuan tidak akan diberikan," ujarnya lagi.

Sementara itu, setiap kelompok tani yang telah mengusulkan bantuan tersebut akan diberikan bantuan sebanyak 550 batang bibit karet perhektar

"Kami sangat berharap, petani benar benar memanfaatkan program bantuan ini. Apalagi, perkebunan karet merupakan salah satu komoditi unggulan di Tebo selain sawit dan sektor pertanian," tambahnya. [ant]

Kata Kunci