Thursday, 24 April 2014

Breaking News

Adu Domba, Tradisi Khas Garut

GARUT, RIMANEWS - Dua domba garut menunjukkan kebolehannya di Hutan Kota Babakan Siliwangi, Kota Bandung. Senik ketangkasan ini menjadi salah satu upaya melestarikan nilai-nilai budaya dan tradisi kesundaan. 

Seni ketangkasan domba garut merupakan salah satu kekhasan rakyat Jawa Barat yang cukup digemari.Meski hujan lebat yang mengguyur arena seni ketangkasan ini,ratusan penonton tak surut untuk datang ke kawasan Hutan Kota Babakan Siliwangi,Kota Bandung. 

Seni ketangkasan domba Garut merupakan peninggalan leluhur yang masih bertahan hingga saat ini. Kegiatan yang diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Jawa Barat ini dilaksanakan selama dua hari,Sabtu dan Minggu. Eventini tidak hanya menampilkan kelebihan dari setiap domba yang di tandingkan,tetapi sebagai ajang silaturahmi bagi kalangan peternak domba, terutama mereka yang tergabung dalam Himpunan Peternak Domba Garut Kambing Indonesia (HPDKI). 

Dalam setiap kegiatan, transaksi jual beli domba yang telah bertanding dan mendapat nilai terbaik dari para juri harganya bisa mencapai angka ratusan juta rupiah. Selain untuk meningkatkan harga jual hewan ternak,seni ketangkasan domba garut juga menjadi cara pelestarian nilai-nilai budaya dan tradisikesundaan. Hal ini tampak dari nuansa seni dan budaya Sunda pada ajang ketangkasan domba garut,baik dalam tutur sapa,penggunaan kostum (kampret dan ikat kepala) maupun ibingan pencak silat dan tembang Sunda.  ( bmw / KOSIN )

Kata Kunci