Pembatalan Pembatasan BBM itu Baik untuk Rakyat, Kata Taufik Kiemas!
Penulis :
Penyunting :
1620    0

Dokumentasi Rima

JAKARTA, RIMANEWS - Ketua MPR RI Taufiq Kiemas menilai, keputusan pemerintah membatalkan pembatasan bahan bakar minyak bersubsidi sudah tepat. Ia yakin pemerintah berbuat yang terbaik untuk rakyat.

"Pasti pemerintah berbuat sebaik-baiknya untuk negeri ini," kata Taufiq di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (4/5). Kemarin, pemerintah secara mengejutkan membatalkan pembatasan BBM bersubsidi melalui kapasitas silinder (cc) mobil dan tahunnya. Hal ini karena kebijakan tersebut dinilai sulit diwujudkan dalam peraturan menteri.

Sebelumnya, pemerintah terkesan tarik ulur dalam menentukan pengendalian BBM. Rencana mengatur konsumsi BBM bersubsidi dengan membatasi sesuai

kapasitas mesin mobil tinggal wacana. Semula, pemerintah melansir wacana melarang mobil berkapasitas mesin di atas 1.500 ccs meminum BBM subsidi.

Kemarin, pemerintah memutuskan lima poin lain terkait pengendalian dan pembatasan BBM. Pertama, kendaraan dinas pemerintah telah disetujui untuk tidak menggunakan BBM bersubsidi, sedangkan untuk plat merah dan BUMN penandanya menggunakan stiker.

Kedua, hal serupa juga berlaku pada kendaraan pertambangan dan perkebunan dengan pengawasan pemda. Ketiga, konversi BBM dan BBG di Pulau Jawa. Keempat, PLN dilarang membangun pembangkit listrik berbasis BBM dan terakhir penghematan listrik ke gedung-gedung pemerintahan.[myv/ian]