Kiai Sepuh NU Restui Mahfud MD Jadi Capres
Penulis :
Penyunting :
1370    0

Dokumentasi Rima

JOMBANG, RIMANEWS - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se Jawa Timur menggelar rapat tertutup di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang, Sabtu (7/4/2012).

Kabar yang beredar para syuriah PCNU itu membahas siapa tokoh NU yang layak menjadi capres mendatang. Hadir dalam acara itu Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dan Mantan Ketua PBNU KH Hasyim Muzadi.

Mahfud yang dikonfirmasi terkait hal itu hanya mengatakan bahwa acara di Tebuireng hanyalah pengajian konstitusi yang digelar atas kerjasama MK dengan Tebuireng. "Tidak ada acara apa-apa. Ini hanya pengajian konstitusi. Tujuannya, agar masyarakat semakin sadar hukum," kata Mahfud seperti dikutip Berijatim.

Namun usai membuka acara pengajian yang bertempat di aula KH Yusuf Hasyim. Mahfud dan sejumlah kiai memasuki kediaman KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah, pengasuh Ponpes Tebuireng. Demikian halnya dengan para syuriah PCNU.

Belum lama acara dimulai, Wakil Ketua Syuriah PCNU Sidoarjo, KH Muhamad Nurhuda Nawawi keluar dari ruangan. Sejumlah wartawan langsung mencegatnya untuk konfirmasi.

"Memang benar ini merupakan pertemuan tertutup. Selain dihadiri Pak Mahfud dan Kiai Hasyim Muzadi, acara ini juga dihadiri Syuriah PCNU se Jawa Timur," ujarnya.

Kiai Nurhuda juga mengatakan, salah satu yang dibahas dalam rapat itu adalah mengusung Mahfud MD untuk maju dalam capres mendatang. Bahkan ia juga menyebut bahwa 85 persen peserta rapat setuju dengan wacana tersebut. "Pak Mahfud sangat layak menjadi presiden. Dalam rapat itu 85 persen sepakat," katanya Nurhuda memberikan bocoran.

Lantas kendaraan partai apa yang akan digunakan? Nurhuda mengaku, masalah partai pengusung masih dalam pembahasan. Namun pihaknya memastikan bahwa sudah ada beberapa partai yang digunakan alternatif. "Masalah partai pengusung sudah ada, namun masih dalam pembahasan," kata Nurhuda. [inilah]