Monday, 14 July 2014

Cari

Breaking News

Iran Dukung Seruan Damai di Suriah

TEHERAN, RIMANEWS - Iran mendukung upaya damai sebagai solusi konflik di Suriah. Juru bicara kementerian luar negeri Iran, Ramin Mehmanparast mengatakan akan mendukung perdamaian dan stabilitas negara yang kini dipimpin Bashar al-Assad itu. Menurut Iran, perlu adanya bantuan pihak asing dalam menyelesaikan kemelut di Suriah.

"Republik Islam Iran akan menyetujui segala upaya yang menjamin tuntutan bangsa Suriah dan memfasilitasi reformasi yang diumumkan oleh Presiden Bashar Assad sehingga akan membuka jalan stabilitas dan perdamaian di negara tersebut, serta membuka jalan bagi warga negara untuk berdialog," kata Ramin dalam Presstv, Jumat (23/3).

Sebelumnya DK PBB, Rabu (21/3) menyetujui upaya diplomasi Kofi Annan yang menyerukan gencatan senjata, serta dialog politik antara pemerintah dan oposisi, dan akses bagi lembaga bantuan kemanusiaan. Jalan damai yang diupayakan Kofi Annan mendapat simpati PBB dan Iran. Rusia dan Cina pun berubah setelah awalnya menolak intervensi asing di Suriah.

Konflik panjang di Suriah telah terjadi sejak Maret 2011 silam. Massa pro dan kontra pemerintah terlibat bentrokan berdarah. Ribuah orang tewas selama konflik berlangsung. Seruan Sekjen PBB, Ban Ki-moon agar Suriah segera mengakhiri krisis tak juga digubris Bashar al-Assad yang terus menekan kaum demonstran dengan kekuatan militernya. [lip]