Wednesday, 16 April 2014

Breaking News

Siapakah Sebenarnya Habib "H" yang Dituding Cabul Itu?

JAKARTA, RIMANEWS-Beberapa hari belakangan ini ranah media ramai dengan pemberitaan aksi pencabulan yang dilakukan seorang habib berinisial "H", yang belakangan diketahui sebagai Habib Hasan bin Ja’far bin Umar bin Ja’far Assegaf, atau biasa disingkat Habib Has Assegaf. Sosok Habib pendiri Majelis Taklim Nurul Musthofa itu memiliki sosok yang ganteng dan kharismatik, berilmu agama yang mumpuni pula. Namun segala daya pikat itu menjadi bumerang bagi dirinya, tatkala ia dituding menjadi pelaku pelecehan seksual bagi sebagian jamaah Nurul Musthofa (NM) yang didirikannya. Bagaimana perjalanan hidup kyai perlente itu? Berikut sebagain kisah yang dicuplik dari berbagai sumber, termasuk situs resmi NH dan situs-situs bernafas Islam, seperti Arrahmah.com dan lain-lain.

Habib Has dilahirkan di Kramat Empang Bogor, pada tahun 1977. Berarti saat ini usianya sekitar 35 tahun. Pendidikan formal yang ditempuh Has Assegaf antara lain di IAIN Sunan Ampel Malang. Selain itu, Has juga sempat mondok di Pesantren Darul Hadits Al Faqihiyah, Malang. Ia berguru dengan sejumlah tokoh seperti Habib Abdul Qadir Faqih, Habib Abdulloh Bil Faqih, Syaikh Abdulloh Abdun, Habib Has bin Ahmad Baharun, Habib Abdurrahman bin Ahmad Assegaf.

Setelah menuntut ilmu di Malang, Has kemudian ke Jakarta untuk berguru kepada sejumlah habaib dan kyai. Sebelum akhirnya terjun ke masyarakat, Has sempat tidak keluar rumah selama satu tahun. Ia lebih banyak menghabiskan waktunya di kamar. Kabarnya, ia bertafakur kepada Allah SWT. Hanya sesekali saja Has keluar, itu pun dalam rangka berziarah ke makam kakeknya yang juga seorang Habib.

Sampai akhirnya Has mengaku mendapatkan semacam bisyaroh untuk mengajarkan ilmu yang diperolehnya kepada umat Nabi Muhammad SAW. Ia kemudian mendirikan lembaga bernama Nurul Musthofa pada tahun 2000, ketika usia Has masih 23 tahun. Barulah pada tahun 2005 dibentuk Yayasan Nur Mus yang sudah mendapatkan izin resmi dari Departemen Agama RI.

Bila pada tahun 2000 aktivitas pengajian dan zikir yang dilakukan Has secara berkeliling dari rumah ke rumah, maka sejak 2006 pengajian dan Zikir Has sudah menguasai di 250 mesjid yang ada di Jakarta. Rupanya, tidak hanya di sektor bisnis muncul pengusaha rising star, namun konglomerat muda pun muncul di kalangan pengajian. Seperti pada sosok Habib Has, yang mencuat bak meteor sebagai Da'i muda berbakat.

Begitulah gambaran –yang dari sisi lain kemungkinan bisa dimaknai bernuansa khurafat– tentang sosok Habib Hasan Assegaf. Sayannya, kini sang Da'i keren itu kesandung oleh pelaporan jamaahnya sendiri, karena diduga melakukan pelecehan seksual terhadap sejumlah remaja pria belasan tahun.[Ach/gatra]