Thursday, 17 April 2014

Breaking News

Akibat Lingkungan Kotor, Sejumlah Balita Terserang ISPA

TASIKMALAYA, RIMANEWS - Banyak warga, terutama balita (bayi di bawah umur lima tahun) di pedalaman kabupaten dan perkotaan ditemukan terserang penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) akhir-akhir ini.

Sebagai contoh, dari 300 warga Kota Tasikmalaya yang mengikuti pengobatan gratis di Jln Nagarawangi Kota Tasikmalaya, menurutu dokter Pop Sugiaman dan dokter Muzwar. Hal itu kemungkinan disebabkan karena kurang membersihkan lingkungan sekitarnya, sehingga penyebabkan saluran pernapasan mereka terganggu.

“Tidak hanya kalangan masyarakat pedalaman, penyakit itu juga menyerang warga di wilayah Kota Tasikmalaya,” kata Popo Sugiaman, Rabu (11/1).

Ungkapan senada disampaikan juga oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Suherman, yang mengatakan serangan penyakit ISPA tidak hanya menyerang warga, melainkan juga kalangan PNS di lingkungan Pemkot Tasikmalaya.

“Serangan ISPA memang tidak memandang siapa-siapa. Di situ ada lingkungan udara yang kotor atau pun makanan kurang higienis, penyakit tersebut bisa muncul,” katanya.

Oleh karena itu, Suherman minta, agar warga mewaspadai serangan kedua penyakit tersebut. Perubahan dari panas ke hujan senantiasa disertai beterbangannya debu. Kemudian perubahan cuaca seperti itu juga senantiasa menimbulkan demam di kalangan balita. (yus/PR)