Thursday, 17 April 2014

Breaking News

Dituding Bambang Satgas Sudah Gagal, Darmono Balik Membantah

JAKARTA, RIMANEWS - Salah satu anggota Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum (Satgas PMH) Darmono menyatakan bahwa lembaganya tidak memiliki kewenangan dalam mencampuri setiap putusan bebas majelis hakim terhadap terdakwa koruptor.

Hal tersebut disampaikan oleh Darmono ketika dihubungi di Jakarta, Kamis (1/12) untuk menanggapi tudingan anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo yang mengatakan bahwa Satgas telah gagal dalam memberantas mafia peradilan dalam putusan bebas para terdakwa koruptor di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) daerah.

"Tentu kita tidak memiliki kewenangan atas putusan bebas, siapapun, termasuk Satgas, tidak berwenang untuk campur tangan," ujar Darmono.

Lebih lanjut, Darmono mengatakan bahwa Satgas hanya memiliki tugas untuk mendorong lembaga terkait dalam meneliti hal-hal yang menyebabkan putusan bebas tersebut, termasuk kewajiban mengajukan upaya hukum kasasi atas vonis bebas tersebut.

Tidak hanya itu, Wakil Jaksa Agung ini juga membantah bahwa Satgas sebelumnya telah mendapat informasi terkait peranan mafia hukum dalam vonis bebas tersebut. Pasalnya, Satgas tidak punya peran dalam mengusut putusan bebas tersebut.

"Setelah adanya putusan bebas tersebut, Satgas mendorong lembaga terkait untuk meneliti tentang hal-hal menyebabkan terjadinya putusan bebas tersebut dan harus tetap mengambil langkah-langkah hukum sesuai ketentuan yang berlaku," sambung Darmono. [mam/MI]