Thursday, 17 April 2014

Breaking News

Universitas Paramadina Bangun Gedung Baru di Jalan TB Simatupang Jaktim

JAKARTA-Universitas Paramadina akan segera memiliki kampus baru di Jalan TB. Simatupang, Jakarta Timur, atas dukungan dana PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (PT SMART Tbk.) dan Eka Tjipta Foundation (ETF) sebesar enam miliar.

"Harapannya dengan memiliki kampus baru peran Universitas Paramadina untuk ikut berkontribusi dalam mewarnai pendidikan bangsa dapat ditingkatkan. Bantuan dari SMART dan ETF ini bukan sekadar dukungan tetapi kepercayaan atas nilai-nilai yang kami percaya," kata Rektor Universitas Paramadina, Anies Baswedan, saat penandatanganan nota kesepahaman dengan SMART dan ETF di Kampus Paramadina, Selasa (8/11).

Anies berharap bisa terus bekerja sama dengan perusahaan berbasis kelapa sawit terkemuka di Indonesia itu dalam mengembangkan pendidikan. Selain itu, dia juga berharap agar upaya SMART ini bisa menjadi contoh bagi pihak-pihak lain untuk turun tangan dalam membantu generasi muda di perguruan tinggi.

"Untuk penandatanganan kerja sama hari ini lebih fokus pada sumbangan dana, namun ke depannya akan dikembangkan dengan bentuk kerja sama lain seperti pemberian kuliah umum, beasiswa bagi mahasiswa Paramadina, dan juga kesempatan kuliah S2 bagi karyawan Sinar Mas," kata Ketua Umum ETF, G Sulistiyanto.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama PT SMART Tbk., Budi Wijana, menilai penandatanganan hari ini menjadi awal berharga dari sebuah kemitraan startegis antara industri dan institusi pendidikan tinggi.
"Secara jangka panjang kemitraan ini akan memberi kontribusi positif tidak saja bagi kami yang terkait langsung, utamanya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan, namun juga bagi upaya peningkatan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat luas," kata Budi.

Bantuan SMART dan ETF sebesar enam miliar merupakan bagian dari total seluruh dana pembangunan yang berjumlah 48 miliar, di atas lahan seluas 1,7 Hektar. Menurut Anies, pembangunan akan segera dilakukan secara bertahap mulai tahun 2012.

Paramadina selama ini bercita-cita menjadi pusat kebudayaan dan peradaban, serta perguruan tinggi universal bertaraf Internasional yang mampu menghubungkan berbagai golongan. Itu merupakan suatu peran yang strategis bagi bangsa Indonesia yang majemuk.

Salah satu upaya mewujudkan cita-cita tersebut adalah dengan perencanaan gedung baru. SMART sendiri sebagai industri perkebunan kelapa sawit terintegrasi terus mengupayakan penguatan aspek penelitian dan pengembangan, sementara ETF salah satu fokus utamanya selama ini adalah sektor pendidikan.

Kata Kunci