Friday, 18 April 2014

Breaking News

Tangani Kasus Nazaruddin, Kinerja KPK Sangat Mengecewakan Publik

JAKARTA, RIMANEWS - Kasus dugaan suap proyek Wisma Atlet SEA Games 2011 Palembang adalah tantangan bagi KPK untuk memulihkan kredibilitasnya. Makin lama kasus itu diusut, makin berkurang pula kepercayaan masyarakat.

Demikian kesimpulan hasil jajak pendapat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang bertajuk 'Merosotnya Kepecayaan Terhadap KPK'. Hasil survei diumumkan di Kantor LSI, Jl Pemuda 70, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (6/8/2011).

"Masyarakat menilai KPK sudah tidak kredibel untuk mengatasi kasus Sesmenpora," ujar Adjie Alfaraby, Direktur LSI.

Sebanyak 46,3% dari 1.200 orang responden, menyatakan tidak puas terhadap cara KPK menangani kasus dengan tersangka mantan Bendahara Umum DPP PD M Nazaruddin itu. Selain belum tertangkapnya Nazaruddin, juga belum ada proses hukum signifikan terhadap sejumlah politisi PD yang diduga terlibat dalam kasus tersebut.

"Kepuasaan publik terhadap kinerja KPK untuk menyelesaikan kasus Sesmenpora hanya 29,7% dan yang tidak/kurang puas mencapai 46,3%. Sedangkan yang tidak tahu dan tidak jawab mencapai 24,0%," papar Adjie.

"Ini menunjukkan kepercayaan masyarakat bahwa KPK bisa menyelesaikan kasus yang terkait dengan tokoh atau partai berkuasa sangatlah rendah," sambungnya.

Periode jajak pendapat adalah Juni 2011 dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang dari 33 provinsi. Survei menggunakan metode multistage random sampling dan pengumpulan data dari responden dengan cara wawancara tatap muka.(ian/dtk)