Biaya Operasi Vagina Hanya Rp10 Juta, Kok Murah?
Penulis :
Penyunting :
10154    0

Dokumentasi Rima

SURABAYA, RIMANEWS - Pantas saja beberapa waktu lalu Dewi Persik pamer keperawanan. Sebab, kini ada operasi plastik yang mampu mempercantik tampilan dalam dan luar vagina. Hasilnya, pasangan suami istri akan merasakan sensasi keperawanan seperti malam pertama.

Operasi bedah estetik ini sebenarnya ditujukan untuk orang-orang yang memerlukan saja. Spesialis bedah estetik organ intim wanita, Prof Dr dr David S Perdanakusuma SpBP(K) menganjurkan operasi ini baik untuk para ibu yang mengalami trauma atas kelahiran yang sulit sehingga menyisakan robekan yang berdampak pada tampilan jelek di bibir vagina.

"Operasi ini tidak berpengaruh pada daya sensitif vagina, hanya membuang yang lebih." kata Prof Dr dr David S Perdanakusuma SpBP(K) yang juga menjadi ahli dalam face off Situ Nur Jazila alias Lisa di RSU dr Soetomo, Selasa (26/7/2011).

Kasus yang utama, lanjut dia, adalah tampilan bibir luar dan dalam. Ada tampilannya baik tapi dindingnya bermasalah karena sudah mengalami kelonggaran. Dan bila ada bekas operasi, pasien tidak perlu khawatir. Dalam proses operasi bedah plastik ini tidak meninggalkan bekas.

Operasi bedah estetik organ intim wanita ini terdiri dari dua macam, labiaplasty untuk bibir rahim dan vaginoplasty untuk liang rahim. Pengencangan bibir rahim hanya untuk trauma kecil bagi pasien yang belum pernah melahirkan. Sementara lubang vagina yang longgar bisa diperkecil dengan teknik jahit kedalam.

"Secara teoritis ukuran standar lubang vagina adalah dua jari. Jika sudah lebih dari itu berarti sudah longgar," terangnya.

Ia menjelaskan, vaginoplasty untuk menyempitkan liang vagina. Caranya, dua pertiga bagian dilipat dan dijahit. Sementara tampilan bibir menyangkut penampilan liangnya berhubungan dengan sensasi saat bercinta.

Untuk melakukan bedah plastik seperti ini, ia menyarankan pasien cukup sekali saja di satu area. Kalau untuk kelenturan otot, pasien lebih awal disarankan untuk melakukan olahraga yang cukup, tidak dengan operasi.

"Operasi sebenarnya bisa dilakukan pada pasien berumur mulai 17 tahun hingga tak terbatas, tergantung kasus yang diderita," tambahnya.

Operasi berjalan cukup satu hingga dua jam di luar proses bius. Setelah itu, pasien dapat langsung pulang tanpa harus rawat inap. Dan untuk masa penyembuhan, pasien harus puasa berhubungan seksual selama tiga minggu.

Dan untuk melakukan operasi ini harga yang dipatok mulai Rp 10 juta hingga tak terhingga sesuai dengan kategori kerusakan.(dtk/ian)