Ditanya Nama Kapolda Baru, Polisi di Pamekasan Bingung
Penulis :
Penyunting :
743    0

Dokumentasi Rima

PAMEKASAN, RIMANEWS - Sejumlah anggota kepolisian di jajaran Polres Pamekasan, Madura, Jawa Timur, belum mengetahui nama Kapolda Jawa Timur yang baru, Irjen Drs Hadiatmoko, SH.

Itu diketahui saat sejumlah anggota Polri dari tiga polsek, yakni Polsek Larangan, Polsek Galis, dan Polsek Pademawu, mengikuti apel gabungan antara sipil, TNI, dan Polri di lapangan Kecamatan Larangan, Pamekasan, Senin (11/7/2011).

Seusai apel yang dipimpin Bupati Pamekasan Kholilurrahman, ada pertanyaan yang dilontarkan, yakni tentang nama Kapolda Jatim yang baru dan nama Kapolri. Yang menjawab benar akan mendapat hadiah berupa uang tunai dari bupati.

"Kalau jawabannya tidak lengkap, saya nyatakan jawaban Anda belum bisa dibenarkan," tutur Bupati Kholil, yang disambut tawa peserta apel.

Namun, dari puluhan anggota polisi yang mengikuti apel itu, tak satu pun yang mengacungkan tangan. Mereka saling menoleh ke anggota lain. Tidak hanya itu, seorang kapolsek yang ikut apel juga tidak bisa menyebut nama kapolda baru.

Setelah ada beberapa anggota Polri yang memberi jawaban kurang sempurna, akhirnya ada juga yang menjawab dengan lengkap dan benar. "Jawaban ini merupakan kumpulan dari jawaban yang kurang lengkap dari anggota sebelumnya," ujar Kholil.

Tidak hanya polisi yang mendapat pertanyaan. Anggota TNI dari tiga koramil setempat pun mendapat pertanyaan serupa. Mereka ditanya nama Pangdam V Brawijaya dan Panglima TNI. Kali ini jawabannya langsung benar.

Bupati Pamekasan Kholilurrahman menuturkan, kegiatan apel dengan sedikit acara hiburan tebak-tebakan itu untuk membangun keakraban antara elemen pemerintah, baik dari kalangan sipil, TNI, maupun Polri.

Dia menyatakan, dalam menjalankan pembangunan, semua elemen masyarakat dapat berpartisipasi. "Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, melainkan butuh bantuan, termasuk di dalamnya Polri dan TNI," ujarnya. (kmps)