Saturday, 19 April 2014

Breaking News

PKS Konflik: Yusuf Supendi Ajukan Tiga Syarat untuk Berdamai

JAKARTA,RIMANEWS--Mantan anggota Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Yusuf Supendi mengajukan tiga syarat untuk berdamai dengan PKS. Apa saja?

Pertama, Yusuf ingin PKS membatalkan surat keputusan (SK) pemecatan dirinya. Meski sudah dibatalkan, pendiri Partai Keadilan tersebut ogah kembali bergabung ke PKS.

Kedua, Yusuf mau PKS membayar ganti rugi atas pemecatan dirinya pada 2009 sebesar Rp42,7 miliar. "Saya mau damai asal ada penggantian kerugian," ujarnya di Jakarta, Selasa (31/5/2011).

Syarat terakhir, jika perdamaian tercapai, bukan berarti bisa menghentikan Yusuf melaporkan elite PKS lainnya ke aparat penegak hukum. Hanya satu kasus yang akan dihentikan yakni gugatan terhadap 10 elite PKS terkait surat pemecatan dirinya yang sedang berjalan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Yusuf mengaku akan melaporkan Wasekjen PKS Mahfudz Siddiq dan Ketua Badan Penegak Disiplin DPP PKS Aus Hidayat Nur ke polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Yusuf mengatakan Mahfudz menyebut dirinya sampah. Sedangkan, Aus menuduhnya menggelapkan uang hasil sumbangan yang dikumpulkan DPP PKS yang akan disumbangkan untuk anak yatim.

Sebagaimana diberitakan, Yusuf Supendi dipecat dari PKS pada 2009. Salah satu alasan pemecatan karena mantan anggota Dewan Syariah tersebut tidak memberikan setoran dana ke partai dari sebagian gajinya sebagai anggota Dewan. Kini, Yusuf 'menggoyang' partai yang pernah didirikannya itu.

Mantan anggota Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Yusuf Supendi tetap menunggu kehadiran petinggi partai yang memecatnya itu untuk meladeni gugatannya di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Meskipun pada sidang perdana sebelumnya terpaksa ditunda karena semua tergugat tidak hadir. Namun tim kuasa hukum dan Yusuf Supendi tetap akan menunggu tergugat untuk hadir di persidangan, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (31/5/2011)

"Agendanya masih tetap menunggu kehadiran para tergugat. Kita akan menunggu hingga para tergugat dapat hadir," ujar kuasa hukum Yusuf Supendi, Dani Saliswijaya kepada INILAH.COM, Selasa (31/5/2011).

Pada persidangan sebelumnya, Selasa (24/5/2011), Ketua Majelis Hakim Subiantoro memutuskan menunda persidangan. Pasalnya tergugat bahkan perwakilan kuasa hukum tergugat tidak hadir di persidangan.

PN Jakarta Selatan telah memanggil 10 tergugat. Surat pemanggilan diterima oleh staf sekjen PKS Sumiarno.

Yusuf Supendi menggugat 10 elite PKS yakni Ketua Majelis Syuro Hilmi Aminudin, anggota Dewan Syuro Salim Assegaf Al Jufri, Surahman Hidayat, mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring, Sekjen PKS Anis Matta, Mahfudz Siddiq, Fahri Hamzah, Aos Hidayat Nur, Makmur Hasanudin, dan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaq.

Nilai gugatan yang diajukan sebanyak Rp36,2 miliar untuk kerugian yang dialami Yusuf akibat pemecatan dirinya sebagai anggota PKS yang dinilai tidak sah.

Kata Kunci