Friday, 11 July 2014

Cari

Breaking News

MUI: Belum Ada Fatwa Haram Perempuan jadi Pemimpin

JAKARTA, RIMANEWS - Ketua Majelis Ulama Indonesia, Ma’ruf Amin, mengatakan bahwa MUI Pusat belum pernah mengeluarkan fatwa tentang larangan perempuan menjadi pemimpin. Kepemimpinan wanita baik di level pemimpin tingkat atas (imamat al udhma) ataupun tingkat bawah.

Sebab, persoalan kepemimpinan perempuan termasuk masalah yang diperselisihkan diantara ulama. “Terjadi perbedaan pendapat. Ada yang membolehkan dan ada yang melarang,” katanya di Jakarta, Kamis (17/3/2011).

Sekalipun kelak dibahas di MUI, maka hasil akhirnya bisa dipastikan terjadi perbedaan. Sebagian kalangan membolehkan secara mutlak kepemimpinan perempuan di level bawah seperti gubernur, walikota, ataupun bupati. Demikian halnya dengan persoalan posisi perempuan menjabat sebagai kepala negara.

Masalah tersebut terdapat pro dan kontra. “Semuanya masih dikembalikan ke pendapat dan dalil masing-masing yang kuat,” kata dia  

Berdasarkan informasi yang diterimanya, Ma’ruf mengatakan larangan yang muncul dari MUI Riau bukan berasal dari lembaga melainkan dari individu. Untuk itu, semua pihak agar mencerna informasi tersebut dengan hati-hati. “Umat harus dikasih tahu tentang perbedaan ini,” kata dia.(republika/ian)