Benarkah Ibu Hamil Dilarang Makan Durian?
Penulis :
Penyunting :
21001    0

Dokumentasi Rima

RIMANEWS-  Sejak dulu Moms penggemar berat buah durian. Sekarang ini Moms sedang hamil 3 bulan dan ingin sekali makan buah durian.

Tapi, Moms was-was karena menurut berbagai info yang Moms dengar bumil dilarang makan durian. Apa benar?

Lalu kapan Moms boleh makan durian? Apa saya boleh makan produk olahan durian seperti dodol, ice cream, tempoyak?

dr. Binsar Ricky H Sitompul, SpOG dari Rumah Sakit Hermina Daan Mogot menjelaskan, buah durian sebetulnya tidak mempunyai akibat langsung terhadap kehamilan. Namun, di dalamnya terkandung dua zat yang pada kadar tertentu dapat memberi efek terhadap kehamilan. Dua zat tersebut yaitu alkohol dan asam arachidonat.

Boleh Asal Tak Berlebihan

Seperti diketahui, alkohol dapat mengakibatkan gangguan tumbuh kembang janin. Salah satunya adalah berat badan lahir rendah.

Sedangkan asam arachidonat adalah suatu senyawa yang merupakan prekursor alias pencetus pembentukan prostaglandin. Prostaglandin sendiri adalah suatu senyawa yang dapat merangsang kontraksi rahim yang berakibat pada keguguran (pada trimester pertama) atau kelahiran prematur (pada kehamilan di bawah 36 minggu).

Namun demikian, kadar kedua zat tersebut dalam buah durian tidak mencukupi untuk menimbulkan kedua efek di atas. Dengan kata lain, buah durian aman untuk dikonsumsi selama masih segar dan bersih serta dengan porsi yang tidak berlebih. Setengah buah utuh misalkan, ini sudah cukup.

Produk Olahan Durian

Untuk produk olahan durian, kadar kedua zat tersebut lebih kecil lagi sehingga akibatnya terhadap kehamilan dengan sendirinya lebih kecil juga. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah cara pengolahannya dan bahan yang turut serta dalam pengolahan tersebut.

Es krim misalnya, mengandung pemanis dan lemak yang cukup tinggi. Demikian juga dengan dodol. Sementara kebutuhan bayi terhadap karbohidrat dan lemak tidak terlalu tinggi. Sedangkan tempoyak, oleh karena pengolahannya kurang higienis dapat berakibat pada gangguan pencernaan

Jadi, selama Moms tidak berlebihan saat mengonsumsi durian – jumlah dan waktunya -, tidak berakibat terhadap kehamilan. Demikian juga halnya dengan makanan produk olahan durian. Sekali lagi yang perlu diperhatikan adalah kesegarannya, cara pengolahan, bahan penyerta serta seberapa banyak porsinya.(kin/OZ)