Timnas RI lawan Malaysia Amat Berat. Harimau Malaya Mau Memangsa Timnas Garuda
Penulis :
Penyunting :
1376    0

Dokumentasi Rima

JAKARTA,RIMANEWS- Pertarungan bola RI-Malaysia bakal berat bagi kita. Jelas, laga leg 1 final Piala AFF pada Minggu, 26 Desember 2010, melawan Malaysia, diperkirakan akan sangat berat bagi Indonesia. Tampil di kandang sendiri, semangat harimau Malaya menuntut balas sangat tinggi.

Kekalahan 1-5 dari Indonesia di laga pembuka Grup A Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, 1 Desember 2010, masih membekas di benak para pemain Malaysia. Harimau-harimau Malaya tak menyangka dipermalukan seperti itu.

Sejak saat itu, pasukan Norshahrul Idlan Talaha cs membulatkan tekad untuk menuntut balas. Mereka berdalih belum panas saat itu.

Pertandingan di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, akan menjadi ajang Harimau Malaya untuk melampiaskan dendam kepada Pasukan Garuda. Mereka akan mengerahkan segenap kekuatan. Laga ini diprediksi akan sangat berat bagi Indonesia.

Sebelum menyaksikan laga itu, berikut gambaran kekuatan Malaysia, lini per lini:

Kiper

Khairul Fahmi Che Mat

Ia sempat menjadi cadangan saat Malaysia dihajar Indonesia 1-5. Khairul Fahmi kemudian menjadi andalan pelatih Rajagobal Khrisnasamy sejak pertandingan kedua melawan Thailand hingga pertandingan terakhir melawan Vietnam di babak semifinal.

Khairul Fahmi merupakan salah satu regenerasi sukses timnas Malaysia. Pemain 21 tahun ini menjadi Pemain Muda Terbaik dan Kiper Terbaik Liga Malaysia, musim lalu. Khairul sukses mengantarkan Kelantan menjuarai Piala Malaysia 2010.

Belakang

Mohd Asraruddin Putra Omar

Asra menjawab kepercayaan yang diberikan pelatih Rajagobal dengan baik. Tampil buruk saat melawan Indonesia dengan mencetak gol bunuh diri dan melakukan dua kali blunder, Asra menjelma jadi bek tengah yang sulit dilewati di partai-partai selanjutnya hingga Malaysia menembus babak final.

Memulai debut dengan timnas Malaysia senior pada 22 Juli 2008 saat melawan India, bek Selangor 22 tahun ini menjadi andalan tim Harimau Malaya sejak saat itu.

Mahali Jasuli
Jasuli menjadi salah satu pemain Malaysia yang penampilannya konsisten sepanjang pergelaran Piala AFF 2010. Bek 21 tahun ini terkenal lugas dan tanpa kompromi dan sudah mencetak satu gol saat melawan Laos di laga terakhir Grup A.

Nama Jasuli menanjak setelah berhasil membawa timnas Malaysia U-23 menjuarai SEA Games 2009 di Laos. Mantan bek Harimau Muda (timnas Malaysia junior) ini juga tampil dua kali melawan Manchester United dalam tur Asia tahun lalu.

Mohd Fadhli Mohd Shas
Fadhli merupakan salah satu pemain muda yang dipromosikan pelatih Rajagobal di ajang Piala AFF 2010. Penampilan bek 19 tahun ini juga tidak mengecewakan.

Mohd Muslim Ahmad
Muslim akan menjadi tembok yang harus dirobohkan striker timnas Indonesia, Cristian Gonzales di babak final Piala AFF 2010. Bahkan, bek 21 tahun ini sudah mengeluarkan psywar bahwa dirinya akan menghentikan pergerakan El Loco.

Muslim sempat melakukan trial dengan klub Slovakia, FC ViOn Zlaté Moravce. Namun, penampilannya gagal meyakinkan pelatih Lubomir Moravcik.

Tengah

Amar Rohidan

Amar Rohidan menjadi andalan lini tengah timnas Malaysia sejak SEA Games 2009. Meski baru 23 tahun, namun visi permainannya di lini tengah bisa merepotkan gelandang-gelandang timnas Indonesia.

Mohd Amirul Hadi Zainal
Mohd Amirul menjadi salah satu kunci serangan timnas Malaysia. Gelandang serang Selangor ini sudah mencetak satu gol saat tim Negeri Jiran ini melawan Laos.

Memulai debutnya bersama timnas Malaysia senior pada 2008, Amirul selalu mendapat kepercayaan pelatih Rajagobal untuk mengisi lini tengah. Hingga saat ini, gelandang 24 tahun tersebut sudah mencetak lima gol dari 20 penampilan bersama Malaysia.

Mohd Safiq Rahim
Safiq sukses menjalani peran kapten di timnas Malaysia hingga menembus babak final Piala AFF 2010. Gelandang 23 tahun ini mulai mendapat kepercayaan Rajagobal sejak SEA Games 2009.

Kunanlan Subramaniam
Subramaniam merupakan andalan timnas Malaysia di sisi sayap. Kecepatannya membuat gelandang Negeri Sembilan ini bisa menjadi ancaman pertahanan timnas Indonesia.

Depan

Norshahrul Idlan Talaha

Norshahrul merupakan striker yang sempat membungkam publik Stadion Utama Gelora Bung Karno ketika melawan timnas Indonesia di laga Grup A. Ia mencetak gol pembuka di laga itu, meski akhirnya Malaysia kalah telak 1-5. Striker Kelantan ini sudah mencetak dua gol di Piala AFF 2010.

Norshahrul mencetak gol pertamanya bagi timnas Malaysia saat melawan Zimbabwe pada 12 Juli 2009. Striker 24 tahun ini kemudian bersinar di SEA Games 2009, dan menjadi andalan baru lini depan Malaysia.

Mohd Safee Mohd Sali
Safee merupakan pahlawan timnas Malaysia melangkah ke babak final. Lewat dua golnya ketika melawan Vietnam di laga pertama semifinal, Malaysia melangkah ke final untuk kali pertama sejak 1996.

Safee merupakan salah satu pemain senior yang dibawa pelatih Rajagobal di ajang Piala AFF 2010. Ia sangtat berbahaya dan patut diwaspadai duet senterbek Indonesia, Maman Abdurahman dan Hamka Hamzah.

Mudik itu Indonesia - 0 komentar