Wednesday, 16 April 2014

Breaking News

Kapal Perang AS Segera Merapat Ke Korsel

RIMANEWS- Amerika mengirim sebuah kapal induk ke perairan Korea Selatan untuk mengikuti latihan angkatan laut bersama, yang digambarkan Washington sebagai tanggapan atas serangan artileri mematikan Korea Utara ke sebuah pulau di Korea Selatan.

Pasukan Amerika di Korea Selatan mengatakan, kapal induk USS George Washington itu akan berpartisipasi dalam latihan hari Minggu hingga hari Rabu mendatang, di laut sebelah barat Semenanjung Korea.

Amerika mengatakan latihan tersebut bertujuan melindungi dan direncanakan jauh sebelum Korea Utara menyerang Pulau Yeon-pyeong hari Selasa, dengan lebih dari 100 peluru artilerinya, yang menewaskan dua marinir Korea Selatan dan melukai 18 orang lainnya. Pulau Yeonpyeong terletak dekat perbatasan maritim sebelah barat yang disengketakan kedua Korea.

Militer Amerika mengatakan latihan tersebut akan menunjukkan kekuatan aliansi Amerika – Korea Selatan, dan komitmen Amerika terhadap stabilitas kawasan lewat peragaan kekuatan.

Korea Selatan menanggapi serangan hari Selasa ke Yeonpyeong, dengan menembakkan artileri ke posisi-posisi Korea Utara di seberang perbatasan maritim.

Presiden Amerika Barack Obama mengutuk pemboman Korea Utara sebagai hal keterlaluan. Presiden Obama berbicara melalui telefon dengan Presiden Korea Selatan Lee Myung-Bak dan berjanji akan mengorganisir kecaman internasional atas Pyongyang.(voa/iok)